Kamis, 26 Maret 2009

SDIT AR-RISALAH DILANDA PUTING BELIUNG


Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuhu

Hari Rabu tanggal 25 Maret 2009 sekitar jam 20.30 WIB Kota Solo dilanda hujan badai disertai kilat petir menyambar-nyambar tiada henti selama kurang lebih 1 jam. Suasani ini semakin mencekam setelah aliran listrik dari PLN dimatikan untuk menjaga agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Dalam kondisi gelapnya malam turun hujan disertai angin yang berputar-putar dengan suara gemuruh diselingi kilat laksana pesta kembang api yang tiada berakhir.

Saat itu beberapa pengurus Yayasan Ar-Risalah sedang menggelar pertemuan di Kantor Yayasan di Kawasan Bangsren Makamhaji Kartasura. Sebelum pertemuan berakhir, hujan deras tiba-tiba melanda disertai dengan tiupan angin yang sangat kencang. Dengan terpaksa, pertemuan disudahi sambil menungu hujan reda. Alih-alih reda, justru hujan semakin hebat disertai kilat yang menyambar-nyambar tiada putusnya. Hal ini membuat Personil Yayasan yang ada di Kantor Yayasan hanya bisa berdo'a dan istighfar mohon pengampunan, keselamatan, dan diakhiri hujan badai kepada Allah Ta'ala.

Sungguh mencengangkan akibat dari hujan badai malam itu. Sepanjang Jalan Raya Tugu Lilin Pajang Lawiyan sampai kawasan Baron Surakarta, banyak baliho iklan besar, baliho Caleg dan Pohon yang tumbang diterjang angina Puting Beliung. Sepanjang Jl. Dr. Radjiman Solo macet total karena adanya pohon tumbang yang mengenai sebuah mobil yang sedang melintas. Sementara di kawasan Pasar Jongke Sebuah Baliho Raksasa roboh menimpa 2 buah mobil dan beberapa sepeda motor yang sedang parkir. Subhanallah, banyak warga Solo yang berkomentar baru kali ini menyaksikan hujan badai yang diiringi kilat yang sambung menyambung seolah tiada berhenti.

Setelah sampai dirumah masing-masing, pengurus Yayasan dikagetkan dengan kabar bahwa beberapa Pohon di Kampus I SDIT Ar-Risalah Laweyan tumbang dan salah satunya mengenai atap Gedung Kantor PKG Kota Surakarta. Dalam kondisi gelap gulita beberapa Pengurus Yayasan Ar-Risalah menyempatkan diri untuk mengecek kebenaran berita tersebut. Memang demikian adanya, ada beberapa genting yang berserakan dan hancur karena tertimpa pohon. Halaman Kampus I SDIT Ar-Risalah Surakarta dipenuhi dengan ranting dan dahan yang bertebaran dimana-mana.

Pagi harinya, seluruh Pengurus Yayasan Ar-risalah, guru dan dibantu murid-murid memotong dan membersihkan pohon yang tumbang agar Kampus I dapat dipergunakan untuk KBM lagi. Bahu membahu mereka memotong dan mengangkut ranting dan dahan yang selanjutnya akan dimanfaatkan untuk kayu bakar. Nampak kebersamaan saat ini antara Pengurus Yayasan, Guru dan Siswa SDIT Ar-Risalah. Kerja bakti ini mendapat apresiasi juga dari beberapa pejabat Diknas Surakarta yang pada kesempatan itu meninjau lokasi. Tak ketinggalan wartawan Solo Pos pun sempat menengok dan wawancara tentang kronologi terjadinya puting beliung di lokasi Kampus I.

Dimikian hebat kuasa Allah Ta'ala untuk menghancurkan buatan manusia, kita tidak berdaya sama sekali untuk dapat mencegahnya. Semoga kita senantiasa ingat akan kedhoifan (kelemahan) kita dan dihindarkan dari sikap sombong dan takabur. Tiada daya dan upaya kecuali dari Allah Ta'ala.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuhu.

Tidak ada komentar:

Pengikut