Minggu, 03 Januari 2010

Seminar Parenting

AR-RISALAH ADAKAN SEMINAR PARENTING

Sebagai realisasi dari Sekolah Dasar Islam Terpadu dibidang kurikulum dan pelayanan pendidikan, serta meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam menjalankan tugas guru serta orang tua dalam mendidik pura-putrinya, SDIT Ar-Risalah Surakarta telah mengadakan acara Seminar Parenting pada hari sabtu 2 Januari 2010. Tema seminar "Sinergi Pendidikan Anak di Sekolah dan di Keluarga" dengan pembicara tunggal Ust. M. Fauzil Adhim, S.Psi (Penulis buku dan Pengasuh Kolom Pendidikan Keluarga di beberapa Majalah Islam) bertempat di Gedung Ibnu Sina Lantai II RSI YARSIS Surakarta.

Pengunjung seminar yang kebanyakan kaum perempuan dari latar belakan pendidik mulai dari PAUD, TK, SD SLTP maupun SLTA serta wahasiswa dengan antusias mendengarkan paparan makalah yang disampaikan oleh Ust. M. Fauzil Adhim, S.Psi. Aula Gedung Ibnu Sina RSI YARSIS penuh sesak dipadai oleh pengunjung. Kapasitas tempat duduk yang hanya 350 kursi tidak mampu menampung pengunjung yang sampai 400-an orang.


Acara seminar parenting ini merupakan rangkaian Workshop yang diadakan oleh Yayasan dan SDIT Ar-Risalah Surakarta, mulai hari Jum'at 1 Januari 2010 berupa workshop Pengelolaan Kelas yang diikuti oleh seluruh Guru SDIT pusat Surakarta maupun cabang Miri dan Magelang. Workshop Pengelolaan Kelas disampaikan oleh Drs. Bandung Gunadi salah satu Kepala Sekolah SD Islam di Surakarta. Workshop ditutup dengan acara Seminar Parenting pada hari sabtu 2 Januari 2010 dibuka untuk umum.

Dalam paparannya Ust. Fauzil Adhim menyinggung tentang perlunya menciptakan kondisi pembelajaran di sekolah yang menyenangkan bagi peserta didik. Dalam kondisi pembelajaran yang meyenangkan akan lebih mengoptimalkan hasil proses kegiatan belajar mengajar.

Pembicara juga menyinggung tentang perlunya kerjasama antara pihak sekolah dengan keluarga dalam mencapai tujuan pendidikan anak. Keluarga dapat memberikan saran, kritik yang membangun kepada pihak sekolah atas proses KBM dengan mengefektifkan buku komunikasi. Motifasi intrinsik juga harus ditumbuhkan pada diri anak daripada motifasi ekstrinsiknya. Karena motifasi intrinsik akan lebih kuat pengaruhnya dibanding motifasi ekstrinsik pada diri anak didik.



Surakarta, 4 Januari 2010
Ketua Panitia


(Imam Muhtarom, S.Pd)

Tidak ada komentar:

Pengikut